Persamaan antara Judaism dan Nasrani Kuno

/, Kristen, Mistik/Persamaan antara Judaism dan Nasrani Kuno

header niko 728 x 90

Saya menilai ada banyak kesamaan antara ajaran JUDAISM dan NASRANI KUNO, contohnya antara lain ajaran seperti berikut:

1. ELOHIM (Tuhan) itu SATU. Elohim itu adalah BAPA manusia, Dia punya juga Sang Putra yg disebut ‘SON OF YAH’ dalam kitab Zohar. Lalu ada SPIRIT ELOHIM atau SHAKINAH yg juga adalah ELOHIM. Bapa- Son of Yah-Spirit ini adalah ELOHIM. Hanya saja umat Yahudi tidak mengenal istilah TRINITAS dan tidak percaya bhw SON OF YAH itu pernah menjadi manusia. Umat Nasrani yg percaya Dia sempat menjadi manusia Yahudi dan berani menyebut TRINITAS. yG PENTING ya sama-sama percaya Elohim itu ada dan satu.

2. Tikun Olam, penyempurnaan jiwa-jiwa. Ajaran ini menyebabkan baik Judaism dan Nasrani tidak meyakini adanya NERAKA KEKAL. Neraka adalah alam roh yg merupakan tempat sementara juga. Kata ‘Kekal’ untuk neraka bagi Nasrani adalah KESALAHAN TERJEMAHAN, lalu kata ‘Api’ juga bukan berarti ada api seperti api di dapur. Itu hanya KIASAN saja. Judaism dan Nasrani tahu Neraka yg relatif sama.

3. Reinkarnasi, sehubungan krn adanya penyempurnaan jiwa-jiwa maka Elohim (Alaha) memberikan kesempatan untuk menebus kesalahan mereka dengan mengulangi kehidupan di bumi. Jangan tanya Mesianik Judaism yg sdh terpengaruh sama Kristen modern ya…mrk tdk akan mengulas hal ini. Reinkarnasi itu ada di dalam Judaism dan Nasrani kuno. Yeshua sendiri mengajarkannya saat Dia menyatakan bahwa Elia sudah reinkarnasi lagi dalam tubuh Mar Yohanes.

Mat 17: 11  Jawab Yesus: “Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu 12  dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka.” 13  Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

Inipun sudah banyak dibuktikan lewat penelitian Dr Ian Stevenson sejak th 1960-an. Saat ini ada banyak penelitan serupa yg menyajikan lbh banyak bukti reinkarnasi ini kepada dunia. Sayangnya yg percaya Neraka kekal yang gak akan percaya.

4. Untuk menjalani kehidupan yg terus disempurnakan di #2 atas maka harus ada sosok PENGUJI-nya, di sinilah peran SATAN dan para Malaikat di bawahnya ada. Mrk menguji semua jiwa termasuk Yeshua saat Dia ada di padang gurun (Mat 4). Satan itu bukan Malaikat jatuh yg berperang di Sorga. SATAN adalah PENGHULU MALAIKAT yg ditugaskan sbg THE TESTER (Penguji). Dia tunduk pada Elohim untuk hal ini. Namun karena tugasnya ini, umat Nasrani sering menyatakan dia dan para malaikat di bawahnya adalah sbg ‘musuh jemaat’.

5. Sosok Mesias ada untuk membantu penyempurnaan jiwa tersebut karena Dia yg akan memulihkan BAIT SUCI YERUSALEM. Nah..di sini ada perbedaan lagi.
Nasrani meyakini Yeshua itu Sang Mesias yg memulihkan Bait Suci sementara Farisi tidak. Farisi menunggu Bait Suci III dibangun Mesias, sementara Nasrani (Gereja Rasuliah) sejak abad 1 meyakini bahwa Yeshua yg bangkit adalah Bait suci Rohaniah dan replikanya adalah MEZBAH DI KEHILA. Makanya jemaat selalu membangun MEZBAH dan doa hadap Mezbah ke arah TIMUR.

Mezbah GNI di Paroki Ambon

Mezbah GNI di Paroki Ambon

6. Mesias akan datang di YERUSALEM, ini juga sama. Saat Maran Yeshua datang, Dia akan datang sebagai Raja Jemaat Nasrani dan SEKALIGUS juga sbg Mesias Yahudi. Jadi situasinya adalah WIN WIN SOLUTION. Yeshua adalah Raja bagi Yahudi Farisi dan juga jemaat Nasrani-Nya. Nanti gak akan ada gontok-gontokan lagi, sama-sama tunduk saja pada-Nya. Di sini Yeshua akan menegaskan bahwa Pusat Pemerintahan-Nya bukanlah di Roma Vatican, bukan di Antiokia, bukan di Yunani. Pusat Pemerintahan-Nya memang sejak awal adalah di Yerusalem. Dia akan memulihkan Tahta Mar Yakub HaTzadiq, saudara tirinya yg di abad 1 dipilih-Nya menjadi Uskup segala Uskup. Dia akan menghancurkan kesombongan mereka yang mengaku-ngaku Bunda Gereja.

7. Kerajaan 1000 tahun setelah kedatangan Mesias. Waktu SERIBU ini bukannya 999+1. Tapi waktu yg cukup lama bagi Sang Mesias YG NANTI DATANG, MEMBANTU PEMULIHAN SEMUA MANUSIA. Judiasm tidak mengenal istilah ‘1000 tahun’ tp memang akan datang waktu pemulihan bagi bangsa-bangsa. Semua lidah akan mengakui-Nya dan semua lutut akan bertelut. Proses penyempurnaan akan sangat cepat saat itu. Dia yg akan menolong semua jiwa lagi.

8. Olam Haba, ini adalah kehidupan baru di DUNIA YG BARU DAN LANGIT YG BARU. Dalam Judaism, Olam Haba (bisa dibilang Sorga juga) bukan hanya milik Yahudi, bukan hanya bagi mereka yang beragama Judaism. Demikian juga dalam Nasrani, Sorga bukan hanya miliki umat Nasrani, semua jiwa adalah milik Elohim dan pada saat semua sudah disempurnakan, semua berhak masuk ke sana. Islam, Buddha, Hindu, Zoroaster, Nasrani, dan lainnya semuaaa….kembali lagi pada PENCIPTA. Tentu sekali lagi setelah disempurnakan.
_______

1Kor 15:28 …. supaya ELOHIM menjadi semua di dalam semua.

Mengapa banyak kesamaan antara Judaism dan Nasrani? Ya karena Nasrani itu lahir dari Rahim Judaism. Nasrani tidak muncul di Antiokia apalagi Roma. Jemaat Yeshua lahir di Yerusalem, pusat Judaism dan sekaligus jemaat Gereja-Nya.

BANNER FREE MEMBER

By | 2018-02-08T08:42:02+00:00 July 25th, 2016|Judaism (Agama Yahudi), Kristen, Mistik|0 Comments