PERBEDAAN HUKUM TAURAT DALAM AJARAN YESHUA DAN MOSHA

/, Kristen/PERBEDAAN HUKUM TAURAT DALAM AJARAN YESHUA DAN MOSHA

Mat 5 (LAI dan Dukhrana Bible Research), ayat (17) Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk penggenapinya. ܠܳܐ ܬ݁ܰܣܒ݁ܪܽܘܢ ܕ݁ܶܐܬ݂ܺܝܬ݂ ܕ݁ܶܐܫܪܶܐ ܢܳܡܽܘܣܳܐ ܐܰܘ ܢܒ݂ܺܝܶܐ ܠܳܐ ܐܶܬ݂ܺܝܬ݂ ܕ݁ܶܐܫܪܶܐ ܐܶܠܳܐ ܕ݁ܶܐܡܰܠܶܐ܀(18) Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. ܐܰܡܺܝܢ ܓ݁ܶܝܪ ܐܳܡܰܪܐ݈ܢܳܐ ܠܟ݂ܽܘܢ ܕ݁ܰܥܕ݂ܰܡܳܐ ܕ݁ܢܶܥܒ݁ܪܽܘܢ ܫܡܰܝܳܐ ܘܰܐܪܥܳܐ ܝܽܘܕ݂ ܚܕ݂ܳܐ ܐܰܘ ܚܰܕ݂ ܣܶܪܛܳܐ ܠܳܐ ܢܶܥܒ݁ܰܪ ܡܶܢ ܢܳܡܽܘܣܳܐ ܥܕ݂ܰܡܳܐ ܕ݁ܟ݂ܽܠ ܢܶܗܘܶܐ(19) Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.  ܟܠ ܡܢ ܕܢܫܪܐ ܗܟܝܠ ܚܕ ܡܢ ܦܘܩܕܢܐ ܗܠܝܢܙܥܘܪܐ ܘܢܠܦ ܗܟܢܐ ܠܒܢܝܢܫܐ ܒܨܝܪܐ ܢܬܩܪܐ ܒܡܠܟܘܬܐ ܕܫܡܝܐ ܟܠ ܕܝܢ ܕܢܥܒܕ ܘܢܠܦ ܗܢܐ ܪܒܐ ܢܬܩܪܐ ܒܡܠܟܘܬܐ ܕܫܡܝܐ

Tapi bukankah Maran Yeshua mengajarkan umat-Nya untuk melakukan Torah Mosha (LAI: Hukum Taurat) seperti dicatat di dalam injil Mar Mattai ini?

Jawabnya: Janganlah berpatokan hanya pada 1 atau 2 ayat saja! Di sini memang Maran Yeshua mengajarkan umat Yahudi pengikut-Nya untuk melakukan Torah Mosha, namun Torah Mosha yang mana yang Dia ajarkan sebenarnya? Apakah itu sama dengan yang diajarkan oleh Mosha di Padang Gurun Sinai? Perhatikanlah bahwa banyak ajaran Mosha yang berbeda dengan ajaran-Nya kendati sama-sama mengatakan ‘Hukum Taurat’. Ada jurang perbedaan di antaranya.

Torah Sinai (LAI: Hukum Taurat) adalah pengajaran di dalam Perjanjian Sinai, bukan di dalam Perjanjian Baru. Torah Sinai hanya BAYANGAN di masa lampau yang digenapi di masa kedatangan Yeshua.

Ibrani 10:1 (LAI) Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakekat dari keselamatan itu sendiri. Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus-menerus dipersembahkan, hukum Taurat tidak mungkin menyempurnakan mereka yang datang mengambil bagian di dalamnya.

Sedangkan masa Perjanjian Baru itu dimulai saat Yeshua mengajar, lebih tepatnya saat Yeshua disalibkan dan tirai Ruang Maha Kudus robek. Jadi ajaran Yeshua bukanlah Torah Sinai/Mosha yang hanya BAYANGAN, melainkan Dia mulai mengajarkan Torah Msikha yang merupakan PENGGENAPAN. Ayat Mat 5:19 di atas mengajar bahwa Written Torah Sinai jangan dihapuskan, jangan dihapuskan 1 titik pun di dalamnya.

Masa Berlaku Hukum Taurat dan Hukum Kristus

Gb HUKUM TAURAT dan HUKUM KRISTUS, sumber: GNI design

Torah Sinai terbagi dua, tradisi dan kitab. Kitab di zaman Yeshua terbagi ke dalam 5 kitab Mosha dan Nabi-nabi, baru setelah konsili Yafne th 90-an M ada kanonisasi Tanakh. Lalu apakah Maran Yeshua melakukan Torah Sinai baik sesuai tradisi dan kitab-kitab di atas? Perhantikan tabel di bawah.

No

Ajaran Yeshua (Torah Mshikha )

Ajaran Mosha (Torah Sinai)

1 Bekerja di Shabbat (menyembuhkan danberjalan jauh). Mat 12:10 Tidak boleh bekerja, hanya para imam Lewi yg bekerja di Shabbat di dalam Bait Suci. Bil 15:35
2 Kasihilan musuhmu dan orang yang menganiaya kamu. Mat 5:44 Kasihilah tetanggamu (suku lain dalam 12 suku Israel). Tidak ada perintah mengasihi yang menganiaya Israel, bhakan Israel diperintah untuk membunuh orang-orang Kanaan. Bil 31:17
3 Jangan membunuh, tidak ada hukuman bagi pelanggar Torah, oleh karena itu ada Sakramen Pengampunan Dosa. 1Yoh 1:9 Kalau melanggar Torah Sinai, perintah tertentu harus dibunuh, bisa dibakar atau dirajam. Im 20:15; Bil 31:17
4 Mengingini wanita dengan mata saja sudah berzinah. Mat 5:28 Berzinah artinya pria dan wanita belum menikah tapi berhubungan badan. Im 20:10
5 Bercerai HANYA boleh kalau pasangan berzinah. Mat 5: 32 Para rabbi merangkum Doa Harian Semoneh Esrei. Ini adalah Tradisi Doa Yahudi.
6 Jangan bersumpah. Jujur saja. Mat 5:33 Tidak ada ajaran seperti ini. Bersumpah adalah hal wajar. Kel 22:8
7 Memberi sedekah tidak boleh dikatehui orang lain. Mat 6:2 Tidak ada ajaran seperti ini.
8 Berdoa dengan sembunyi. Mat 6:5-6 Berdoa bisa di mana saja. Ini bagian dari tradisi Yahudi.
9 Berdoa Bapa Kami (Tefila dMaran). Ini menjadi tradisi Nazarene. Mat 6:9 Doa Semoneh Esrei (Doa berkat 18) atau Doa berdiri. Ini adalah tradisi Yahudi.
10 Puasa tidak boleh ketahuan orang lain. Mat 6:17 Tidak ada ajaran demikian.
11 Mengajar suatu saat kiblat peribadatan berpindah dari Yerusalem. Yoh 4:21 Kiblat peribadatan selalu Yerusalem. Ini bagian dari tradisi Yahudi.
12 Mengajarkan makan Daging dan minum Darah-Nya, Qurbana Qadisha. Yoh 6:54 Melakukan kurban binatang untuk menghapus dosa, biasanya hewan betina yang tidak bercacat cela. Im 4:32
13 Mengorbankan diri (manusia) untuk menebus jiwa manusia. Mat 27:50 Tidak ada ajaran demikian.
14 Menahbiskan para rasul dan 70 Murid menjadi imam-imam. Yoh 20:22 Keimamatan selalu dipegang oleh Suku Lewi. Bil 3:6
15 Baptisan Roh Kudus. Mat 3:11 Tidak ada ajaran demikian.

Tabel Perbedaan HUKUM TAURAT menurut Ajaran Yeshua dan Ajaran Mosha, sumber: GNI

Pada poin 9 tentang doa, jemaat Nazarene mendapatkan pimpinan sesuai yang tercatat di dalam Limudah:

Lim 8:2-3 Jangan juga berdoa seperti orang munafik, tapi lakukanlah sebagaimana Maran perintahkan dalam Injil-Nya, maka berdoalah: “Bapa kami dalam sorga, dikuduskanlah NamaMu. Datanglah KerajaanMu, jadilah kehendakMu sebagaimana di sorga begitu jugalah di atas bumi. Berikanlah kami hari ini roti setiap hari kami. Dan ampunilah kesalahan-kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni mereka yang bersalah pada kami. Dan jangan biarkan kami masuk kedalam pencobaan, tapi lepaskanlah kami dari yang jahat: sebab Engkaulah yang empunya kuasa, dan kemuliaan, selama-lamannya.” Kemudian berdoalah tiga kali sehari.

Doa Bapa (aram: Tefila d Maran) Kami tercatat pertama kali di dalam Injil Martius, kemudian disalin kembali di dalam Limudah. Doa ini sangat penting sehingga, dalam peribadatan apapun doa ini selalu diucapkan. Tefila dMaran sama sekali tidak diajarkan dalam tradisi Judaism.

Ada saatnya, seorang anak kecil dididik jangan banyak keluar rumah, namun di saat dewasa aturan itu berubah dengan sendiri karena itu hanyalah PANDUAN hidup sampai dia dewasa. Demikianlah dengan Torah Sinai, itu adalah pengajaran sampai Sang Mesias datang, lalu stop! Mulailah melakukan Torah Mshikha. Stop bukan berarti Torah Sinai harus dihapuskan. Tidak boleh ada yang dihapuskan, inti pesan dalam Torah Sinai itu masuk ke dalam Torah Mshikha sehingga kedua Torah ini sebenarnya adalah satu-kesatuan.

Gal 3:24 (Peshitta Lamsa- Dukhrana Bible Research-LAI)The law then was our pathfinder to bring us to Christ that we might be justified by faith.ܢܡܘܣܐ ܗܟܝܠ ܬܪܐܐ ܗܘܐ ܠܢ ܠܘܬ ܡܫܝܚܐ ܕܡܢ ܗܝܡܢܘܬܐ ܢܙܕܕܩ. Jadi hukum Taurat adalah PENUNTUN bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman.

Jadi, setelah Sang Mesias datang, Torah yang berlaku bukanlah Torah Bayangan lagi, melainkan Torah Meshikha. Ajaran Meshikhaini tidak semua tercatat di dalam 4 injil, namun masih banyak yang tidak tercatat, pengajaran tersebut diingat oleh 12 rasul dan 70 Murid-Nya. Mereka lalu mewariskannya dalam Tradisi Nasrani kepada para uskup penerus kepemimpinan Nasrani.

 

GRATIS 1 TAHUN

By | 2018-02-08T08:42:00+00:00 July 26th, 2016|Judaism (Agama Yahudi), Kristen|0 Comments