Umat Kristen Arab menyebut ‘ALLAH’

///Umat Kristen Arab menyebut ‘ALLAH’
Umat Kristen Arab menyebut ‘ALLAH’ 2018-02-08T08:41:54+00:00

Mengapa Uskup Agung suatu Gereja Rasuliah DI ARAB juga menyebut kata ALLAH? Apakah ajaran Gereja Rasuliah tentang ‘ALLAH’ itu sama dengan ajaran Islam?

Jawab:
Kata ‘GOD’ untuk masyarakat Kristen (Nazarene) di Arab adalah ‘ALLAH’, tidak ada yg lain. Kata ini sudah digunakan sebelum munculnya Agama Islam di abad 7. Tolong perhatikan bahwa penyebaran agama KUNO Kristen sudah masuk ke wilayah Arab sejak abad 1. Mar Thoma, Mar Addai, dan Mar Tulmay adalah para Utusan Keuskupan (Aram: Shlekha; Arab: Rosul) untuk mengembangkan jemaat GEREJA RASULIAH di daerah Mesopotamia, Persia, Iraq, sampai ke Armenia.

Di abad 1, mereka masih berbahasa Aramaik seperti halnya para Murid awal lainnya yg berdarah Yahudi. Kata ‘GOD’ dalam Aramaik adalah ‘Alaha’ atau ‘Aloho’. Lalu setelah peran bahasa Arab tersebar maka merekapun bisa beribadat dengan menggunakan bahasa Arab, kata ‘Alaha’ ini diterjemahkan menjadi ‘Allah’. Sampai sekarang Gereja Rasuliah khususnya Church of The East (COE) menggunakan baik Arab maupun Aramaik dalam peribadatan mereka dan tidak terpengaruh dengan ajaran Islam yg tentunya berbeda.

Alm Mar Nicholas (Uskup I GNI) menjelaskan bahwa kata ‘Allah’ adalah WADAH saja. Yg penting adalah ISI-nya atau ajaran yg dikandungnya. Sama seperti kata ‘HaMasiakh’ itu juga diucapkan oleh umat Nazarene dan Yahudi lainnya namun memiliki PERBEDAAN MAKNA. Wadah boleh sama, namun isinya bisa berbeda. Mengapa berbeda? Ya karena Nazarene (Kristen awal) berbeda dengan Farisi dan Saduki, ketiganya adalah 3 sekte yg berbeda dalam agama Judaism di abad 1 Masehi.

Perbedaan isi atau makna kata ‘Allah’ dalam ajaran Gereja Rasuliah (Nazarene) dengan Islam juga banyak, ini tidak perlu diperdebatkan, tidak perlu saya bahas di sini. Kami umat Nazarene Indonesia menghormati perbedaan ajaran ini. Ini perlu ditekankan karena bagi penganut ajaran ANTI-ALLAH, barangsiapa menyebut kata ‘Allah’ maka artinya sudah melanggar Perintah Tuhan. Itu bukanlah ajaran Kuno Nazarene, bukan ajaran abad 1 yg kami lestarikan sampai detik ini.

SIAPA ‘ARCHBISHOP’ itu sebenarnya?
Archbishop atau Uskup Agung sebenarnya adalah Ketua para Uskup.

SIAPA ‘USKUP’ itu sebenarnya?
itu adalah para pewaris ajaran Maran Yeshua dan para rasul di abad 1. Yeshua mentahbiskan para Murid awalnya menjadi para Imam (Mat 18:18; Yoh20:22) untuk menggantikan peran Imam Lewi-Harun di Bait Suci Yerusalem. Keimamatan baru di PB ini disebut Imamat Melkisedek yg Imam Besarnya adalah Maran Yeshua sendiri (Ibr 5:6). Imam Lewi di PL diganti dengan Imam Melkisedek dalam PB. Di abad 2 ke atas Imam-imam Melkisedek yang memiliki hak mentahbiskan ini kemudian disebut sebagai USKUP (Aram: Episcope; Ibr: Mebaqqer). Semua jemaat perdana SELALU di pimpin oleh Imam atau Uskup ini, tidak pernah PENDETA, biksu, biku, atau rabbi Yahudi lainnya.

SIAPA ‘GEREJA RASULIAH’ itu sebenarnya?
Itu adalah Gereja atau jemaat yang didirikan oleh para rasul sejak di abad 1 Masehi. Para Imam/Uskup yg diutus tersebut tidak pernah mendirikan gereja PROTESTAN, Calvinis, Mormon, Saksi Yehova, Pentakosta, Karismatik, Adven, apalagi Kristen Mesianik. Jemaat Perdana adalah Jemaat Yerusalem yg didirikan oleh Maran Yeshua, jemaatnya adalah para rasul ini. Lalu mereka menyebar dan mendirikan berbagai Gereja rasuliah dengan berbagai nama spt yg ada sekarang:
1. Di Antiokia (Gereja Othodox Syria),
2. Di Roma (Gereja Roma Katolik).
3. Di India (Gereja Nasrani Mar Thoma).
4. Di Celtik (Celtik Orthodox).
5. Di Mesopotamia (Church of the East/COE).
6. dan lain-lain.
Semua gereja tersebut masih ada kecuali Jemaat Yerusalem yg sudah membaur dengan jemaat COE. Uskup-uskup Gereja Nasrani Indonesia ditahbiskan oleh keuskupan yg berasal dari #1 dan #5 di atas. Kami juga adalah suatu Gereja Rasuliah.
Lebih jauh, Gereja Rasuliah adalah gereja yang membuat Tradisi termasuk yg membuat Kitab-kitab.

APA itu ‘ANTI-ALLAH’?
Ini adalah gerakan MODERN di akhir abad 20 yg cikal-bakalnya berasal dari ajaran Alm dr Suradi ex muslim yg sama sekali tidak ada hubungannya dengan Gereja Rasuliah. Gerakan ini bercampur dgn gerakan lain bernama SACRED NAME MOVEMENT (SNM) yg berasal dari denom Adventis dengan ciri mengagungkan nama ‘YAHWEH’. Lalu digabungkan juga dgn ajaran HEBREW ROOT MOVEMENT (HRM) oleh Ibu Erna Tan yg banyak belajar dari 3 rabbi Messianic Jews di BElanda. Percampuran ini diterima oleh beberapa PENDETA yg kemudian membentuk suatu denom baru di Protestan yaitu KRISTEN MESIANIK (KM). Di dalam tubuh KM sendiri tidaklah satu pengajaran, ada yg memakai nama ‘Yahweh’ ada yg tetap mengikuti Tradisi Farisi Shammai dengan menyebut ‘Adonai’, namun mereka semua termasuk ‘Anti Allah’.
Lebih jauh ajaran ANTI ALLAH ini menekankan bahwa jemaatnya DILARANG menyebut nama ALLAH apalagi menyebutnya dalam ruang peribadatan mereka.

APAKAH NAZARENE KUNO juga menyebut nama ‘YAHWEH’ sprt KM?
tidak. Sama seperti Yahudi Farisi, Nama Kudus YHWH tdk boleh sembarangan disebut, kami menyebutnya dengan sebutan ‘MarYah’ sesuai tradisi semitik COE. Sementara Gereja Rasuliah lain menyebut YHWH dengan berbagai nama lain. Itu semua tidak melanggar ajaran awal.

APA PANDANGAN GNI THD KM?
Silahkan yakini apa yg ingin diyakini, namun kalau mengaku-ngaku sebagai jemaat Nasrani awal, ini yg perlu diluruskan. Itu tdk sesuai fakta sejarah.

Shalom…semoga bisa membuka wawasan kita semua.

kristen arab ALLAH