NT Ibrani atau Yunani atau Aram?

//NT Ibrani atau Yunani atau Aram?
NT Ibrani atau Yunani atau Aram? 2018-02-08T08:41:56+00:00

APAKAH NASKAH ASLI KITAB PERJANJIAN BARU TERTULIS DALAM BERBAHASA IBRANI? ATAU YUNANI? ATAU ARAMAIK?
(dalam pengembangan)

Maran Eashoa Mshikha (Ind: Tuhan Yesus Kristus) dan para murid awal-Nya berbahasa Aramaik dalam keseharian mereka, BUKAN IBRANI DAN BUKAN PULA YUNANI. Ini bukan hanya klaim dari kaum Mshikaye (Kristen) awal yang terus melestarikan bahawa Aramaik-Syria di daerah Irak, namun juga merupakan fakta sejarah yang dicatat oleh kaum Farisi. Mereka mencatat:

Memang Yeshua dan para murid terdekatnya berbahasa Aramaik dan mengajar melalui bahasa ini (Lihat Dalman, ‘Die worte Jesu’)[1].

Namun memang, Gereja Ortodoks Yunani dengan darah Helenisasinya terus merongrong fakta ini dengan menghembuskan kebohongan bahwa para rasul awal berbahasa Yunani bahkan mengajar bahwa Septuaginta dipakai Yeshua mengajar di Sinagoga. Omong kosong inilah yang secara tidak sadar diakui oleh banyak gereja non Rasuliah yang mudah dinina bobokan dalam hal sejarah.

[1] jewishencyclopedia

 

 

 

Di bawah ini adalah beberapa video pengajaran yang kami ambil dari rekan pengajar bahasa Aramaik (youtube). Silahkan mempelajarinya, mohon maaf jika video penjelasannya dalam bahasa Inggris dan belum tersedia text bahasa Indonesia.

Semoga menjadi berkat buat saudara.

Penjelasan: