Konsep Ketuhanan dalam Nasrani

//Konsep Ketuhanan dalam Nasrani

Karena Nazarene itu asal-muasalnya dari Agama Yahudi maka konsep Keilahiannya tidak jauh berbeda. kalau diteliti bsia dituliskan demikian kesamaannya:
1. Tuhan itu SATU,
2. Tuhan itu punya QNUME (ASPEK) BAPA.
3. Tuhan itu punya QNUME (ASPEK) ROH yg dalam Tradisi Yahudi dan Nasrani disebut sbg SHAKINAH.
4. Tuhan itu punya QNUME (ASPEK) PUTRA, bisa baca di sefer Zohar-nya Kaballah Yahudi di sana ada tercatat ‘Son of YAH’.
Note:
KE-3 aspek Keilahian itu hanya gambaran bagaimana menjelaskan kepada manusia yg terbatas tentang KETUHANAN YG TDK TERBATAS DAN SULIT DIPAHAMI MANUSIA. Pada hakekatnya, tidak ada manusia yg mampu memahami Tuhan 100%.
Tuhan berbeda dengan KUCING. Manusia kalau mau tahu KUCING, ya tangkap, bius, dibelek badannya, diteliti darah dan semua organnya, lalu dianalisa dan diambil kesimpulan spt apa itu KUCING. Hal ini tidak bisa dilakukan pada sosok TUHAN. Jadi sekali lagi, dalam agama Yahudi dan Nasrani, TIDAK ADA MANUSIA YG SANGGUP MEMAHAMI-NYA SECARA UTUH, hanya sebagian sprt yg sy tulis di atas.

Yg menjadi PERBEDAAN antara Yahudi Farisi dan Nazarene adalah:
1. Nazarene menyimpulkan ke-3 aspek itu menjadi ISTILAH BARU YG DISEBUT SBG ‘TLYTHAYUTHA’ (aramaik), kalau diterjemahkan ke Inggris (Triune GOD) atau tritunggal.
Yahudi lain menolak istilah baru tersebut.
2. Nazarene mengakui bahwa SON OF YAH itu menjadi manusia 2000 th lalu bernama Eshoa (Yeshua). Kaum Yahudi lain tidak meyakininya.

BUNDA ALAHA

BUNDA ALAHA

 

_____________

header niko 728 x 90

By | 2018-02-08T08:42:03+00:00 June 29th, 2016|Update GNI|0 Comments