Jabatan Uskup yang Melekat pada Paulus bukan Pendeta

//Jabatan Uskup yang Melekat pada Paulus bukan Pendeta

header niko 728 x 90

 

 

_____________________________________________________________

Mengapa Mar Paulus juga disebut sbg USKUP? Apakah dia ini PENDETA?
Lalu apa bedanya?

jawab:
Mar Paulus ditahbiskan menjadi Uskup di Antiokia oleh Uskup Antiokia sprt tercatat di Kis 13:1-3. Di ayat tersebut tdk tercatat bahwa dia menduduki jabatan Uskup akibat tahbisan tersebut. Oleh krn minimnya informasi, maka jangan hanya berpatokan pada Kitab, silahkan pelajari TRADISI.

Tradisi ini sgt luas. Dalam ajaran Judaism maupun Nazarene, Tradisi adalah Oral Torah (ajaran Lisan). Tradisi ada terlebih dahulu dari kitab. Ritual Tahbisan Uskup ini memang tdk termuat di dalam 1 kitab pun, ini hanya ada di dalam ‘Talmud’-nya Gereja Rasuliah (Apostolic Church). Ritual pentahbisan ini sudah ada terlebih dahulu sebelum kitab Kisah Para Rasul ini kami tulisakan dan ajarkan. Jadi semua jemaat di abad 1 paham bahwa Paulus adalah Uskup, atau Uskup Vagante (tdk menetap). Dia sering berkeliling dan tidak fokus mengembalakan 1 jemaat di suatu daerah. Untuk itulah dia mentahbiskan murid-muridnya untuk menjadi Uskup di kota-kota yg telah dia rintis. Contohnya adalah Mar Linus untuk menjadi Uskup di Roma dan Mar Tomitius ditahbiskan pd th 65 M untuk menjadi Uskup di Efesus. Berita ini juga tidak tercatat di dalam Kitab Suci. Ya memang, makanya jangan hanya bersadar pada kitab suci saja!

Ada banyak catatan sejarah penting dan berbagai ritual penting tdk kami catatkan di dalam kitab kitab, ini hanya diajarkan di dalam seminari-seminari kami. Maaf itu bukan untuk konsumsi umum. Sama sprt suatu Universitas, ada banyak materi pengajaran yg tdk diekspos untuk publik, bagi yg berminat silahkan mendaftar. Demikianlah pemuridan Kristen Awal. Pada mulanya, kitab-kitab tdk diperjualbelikan, tdk untuk dibagi-bagikan kpd publik. Kitab-kitab HARUD DIPAHAMI DENGAN MEMAHAMI TRADISI sebagai lanat belakangnya.

Kembali ke Uskup Paulus, hanya seorang Uskuplah yg berhak untuk mantahbiskan seseorang. Seorang Imam belum punya otoritas tersebut. Jadi ada MATA RANTAI USKUP dari abad 1, dari Yeshua mentahbiskan mereka sampai ke abad 21 ini. Semua pasti ada catatannya. Dan semua Gereja Rasuliah pasti memegang catatan penting ini.

Paulus itu bukanlah PENDETA. Pendeta tidak mengenal Tahbisan Rasuliah. Pendeta pasti menolak ritual-ritual di abad 1 yang dilestarikan terus oleh para pemimpin Gereja Rasuliah. Pendeta hanya berpegang pada Kitab Suci, shg ada banyak ajaran yang tidak mereka pahami kendati itu adalah ajaran penting. Kitab Suci yg dipegang oleh para pendeta juga bukanlah hasil karya para pendeta juga (kecuali terjemahannya). Tidak ada Pendeta yg memelihara naskah-naskah kitab suci. Naskah-naskah ini hanya ada tersimpan di dalam banyak perpustakaan Apostolic Church, selebihnya ada di berbagai Museum.

Jadi, semoa pembaca paham apa perbedaan antara Uskup dan Pendeta. Dan mengapa Mar Paulus disebut sebagai Uskup bukan hanya Rasul.
Shalom.

Penghormatan terhadap Uskup sbg Wakil Maran

Penghormatan terhadap Uskup sbg Wakil Maran

 

_________________________

BANNER FREE MEMBER

By | 2018-02-08T08:42:02+00:00 July 14th, 2016|Kristen|0 Comments