Alkitab itu bukanlah FIRMAN TUHAN

//Alkitab itu bukanlah FIRMAN TUHAN

1. Apa arti FIRMAN TUHAN
Jangan samakan Alkitab dengan FIRMAN TUHAN, sama sekali berbeda. Firman Tuhan (Sabda Alaha) adalah sosok Qnume (aspek) dari Tuhan yang SATU. Firman Tuhan sekitar 2000 tahun yang lalu menjadi manusia berdarah Yehuda yaitu Maran Eashoa (Yesus) Mshikha. Jadi Yesus itulah Sang Firman Tuhan. Alkitab itu bukan Yeshua. Firman dalam bahasa Aramaik adalah Miltha. Dalam Yoh 1:1 dijelaskan bahwa Miltha itu adalah Alaha sendiri. Dengan Sang Miltha inilah Tuhan berkarya dan menciptakan segala sesuatunya.

2. Apa itu ALKITAB (KITAB SUCI)

Alkitab (Kitab Suci) itu adalah tumpukan kitab, tulisan manusia semua. Maran Eashoa dan Malaikat tidak pernah menuliskan buku yang sering dijadikan bahan perdebatan ini. Alkitab tidak pernah jatuh dari Sorga! Penulis kitab-kitab PB adalah para pemimpin Gereja Rasuliah (Apostolic Church). Satu-satunya gereja yang ada di abad 1 adalah Gereja Rasuliah ini, bukan lainnya. Gereja Protestan, Calvinis, Lutheran, Mormon, Adven, Pentakosta, sampai ke Kristen Mesianik belum ada di abad 1. Mereka semua baru ada paska abad 16.

Perhatikan tabel di bawah untuk menjelaskan Kanon Kitab Suci dan asal-muasal tulisannya secara garis besar (untuk detail tidak dibahas di sini).

KANON KITAB

KANON KITAB SUCI

KANON KITAB SUCI

Ada 6 kitab dalam PB, Ibrani, 2 Petrus, 2&3 Yohanes, Yudas, dan Kitab Wahyu baru dimasukkan ke dalam Kanon PB, kemudian beberapa kitab lain seperti Didache (Sefer Limudah), Injil Protevangelion, Srt Gembala Hermas, Srt ke-3 Paulus untuk jemaat Korintus, Srt I Clementinus, dan Srt Barnabas terlambat dikanonkan namun bernilai kebenaran yang sama dengan surat lainnya. Karena penanggalannya setelah surat-surat yang lain (115 M), bahkan Srt Pengembalaan Ignatius banyak diyakini sebagai Literatur Kesukupan, lebih dari kitab-kitab yang tersembunyi. Secara sejarah, kitab-kitab ini sebanding dengan tulisan Rasul Yohanes, ditulis sekitar 1 dekade sebelumnya.

Bagi Jemaat Perdana, Alkitab adalah satu dari 3 Pilar Iman. Alkitab dituliskan tidak secara serempak, namun satu per satu. Semua Kitab berasal dari Ajaran Lisan atau Tradisi. Banyak umat Kristen yang tidak memahami bahwa Maran Yeshua tidak menuliskan kitab, namun mengajar secara lisan. Produk pengajaran pertama adalah tradisi. Tradisi diingat oleh para murid lalu mereka menuliskannya sebagian ke dalam catatan demi catatan yang kemudian dimasukkan ke dalam kanon, jadilah Kitab Suci.

header niko 728 x 90

funika

By | 2018-02-08T08:42:03+00:00 July 8th, 2016|Kristen|0 Comments